Kamis, 26 Februari 2015

Finally Met AKB48! (AKB48 X JKT48 Joint Concert)

Jumat 20 Februari 2015 kemarin, akhirnya salah satu dari tumpukan life goals gue tercapai: watching AKB48’s live performance ((sticker line kya kya kya kya)). Iya, dalam rangka merayakan 1st Anniversary channel Waku-Waku Japan, diadain joint concert antar dua sister group beda negara: JKT48 dan AKB48 ((sticker line james pingsan pegang pala))

Jadi tuh, sejak kapan ya gue demen AKB48? Sekitar pertengahan 2013 kalo gak salah. Gatau ada angin apa jadi suka download-downloadin PV mereka dari Oogoe Diamond, Kimi no koto ga suki dakara, River, sampe yang paling baru di upload di official youtube mereka waktu itu, yaitu Eien Pressure. Lucu aja gitu lagu-lagunya cute dan gue emang punya kesukaan berlebih terhadap seragam sekolah Jepang ((dan AKB48’s PV mostly wearing school uniforms right)) terus ternyata arti lirik dari lagu-lagu cute mereka banyak yang galau wah gue seperti tikus yang gak sengaja nginjem lem cap gajah.

Ditambah lagi gue dijejelin drama Jepang Shiritsu Bakaleya Koukou yang isinya anak-anak Johnnys Ent dan AKB48 9th gen ama temen gue sebut saja Mediana Agita ((nama tidak disamarkan)). Dari drama ini mulai kepo sama cast nya dong. Apalagi cewek pemeran utamanya. Pas gue perhatiin muka dia kek familier gitu ternyata dia center buat salah satu lagu yang PV nya pernah gue download, yang judulnya Eien Pressure. Nah sampe sekarang pun gue nge-fans si cewek pemeran utama di drama itu. Bahasa inggrisnya sih oshi. Iya oshi gue Shimazaki Haruka atau lebih dikenal di kalangan geng motor dengan nama Paruru.



Udah niat banget pengen beli seat paling depan stage semahal apapun kalo sampe AKB48 dateng ngadain konser ke Jakarta. Terus gila gue mental breakdown di hari pertama ticket box dibuka online, itu kelas Platinum udah limit order??? Kek wow??? Jualan bayem??? Laku banget??? Gue kira peminat Jpop gak sebrutal peminat Kpop di Indonesia???


Terus mencoba berpikir positif, mungkin besok bakal ada yang kosong Platinum nya. Inget sistem konser Bigbang beberapa tahun lalu yang kalo gak cepet-cepet transfer buat payment, kelas itu bakal dibuka buat pembeli baru. Taunya enggak dong malah lebih sedih. Kelas gold juga limit order. Pusing pala Mariana Renata.

Hari demi hari gue lalui dengan searching “jual tiket AKB48” di twitter. Gak ada sama sekali yang jual platinum. Gue masih mikir pengen banget platinum. Padahal ada beberapa yang jual gold dengan harga murah tapi gue masih kekeuh mau platinum apapun yang terjadi. Sampai H-3 gue mulai nyari gold dan gold juga udah pada sold out semua parah stres abis mana gue gak punya temen yang mau dateng ke konser ini juga. Gue pusing sendirian buat nonton konser tuh baru kali ini soalnya biasanya gue nonton konser selalu rombongan ama temen-temen ((paguyuban jomblo INA, mostly))

Hari H, gue bertekad nyari calo di venue. Jeng jeng jeng kaga ada juga gila saking limitnya venue kali ya uh mau nangis. Udah gitu, pas gue coba cari di twitter, se jam lalu ada yang jual tiket gold cuma 400rebuan. Wow. Se jam lalu. Itu cuma selang waktu perjalanan rumah gue-venue doang guys. Langsung gue telepon dong nomor orang yang jual. Terus ya emang gak rejeki. Tiketnya udah sold. ((Mas Dimas dimanapun kamu berada, aku lah yang meneleponmu tanpa angin, hujan, ataupun sekedar meninggalkan nama, tiba-tiba malak tiket gold yang kamu jual))

Menyeret kaki, gue ke tiket box beli yang festival. ((paling mureh)) ((berdiri)) ((paling belakang)). Tapi gue mikirnya ‘kapan lagi kan kesempatan ketemu AKB. Mumpung kesini yaudahlah ya nonton aja lagian gue juga lagi suka-sukanya sama mereka’. Jadilah habis beli tiket gue yang males ngantri ini, jalan-jalan cari makan sendirian di Kokas. Show nya mulai setengah 7 malem, gue naik keatas sekitar jam 6 kurang, masih banyak yang ngantri, tapi gue bisa masuk tanpa harus lama ngantri. Sekeliling mata ini memandang, semuanya testoteron. Mayoritas.

Pas masuk festival, ternyata gak seburuk yang gue bayangkan. Stage nya masih ada di jarak pandang gue, dan tumpukan penonton di festival gak terlalu crowded, terus venue nya ber AC. Orang lain sibuk nyari spot terdepan yang mereka bisa, biar makin kelihatan deket kali ya sama stage nya, nah gue malah duduk di pojok belakang festival. Iya belakang, deket pintu keluar, saking longgarnya venuenya. Gue duduk beresin brosur, notebook official souvenir, sama pocky yang dibagiin free gue masukkin tas semua. Gue juga nyiapin beberapa tulisan pake aplikasi glow draw di iPad buat nanti konser. Karena gue gak familier sama huruf Jepang, gue cuma manage tulisan ‘Yuihan’ ditulis pake huruf Jepang. Yang lain kaya Kitarie, Mocchi, Takemiyu, Naachan, semua gue tulis pake romaji karena waktunya mepet.

Pengumuman dari Melody Team J yang bilang show akan segera dimulai bikin gue bangkit dari duduk dan mulai nyari spot berdiri yang nyaman. THE SHOW FINALLY BEGIN!

  Konser malam itu dibuka tentu saja dengan Overture, lalu dilanjutkan dengan medley Kibouteki Refrain, Everyday Katchusa oleh member AKB48 aja dan AKB Festival bareng-bareng sama JKT48, habis itu ada all member nge-MC ngasih kesan-kesan konser kali ini, lanjut all member bawain Flying Get dengan center Yuihan, disambung Kimi no koto ga suki dakara, Manatsu no sounds good dan Shoujotachiyo.

Dari 15 member AKB48 yang dateng, gue paling familier sama Yuihan (Yokoyama Yui), Kitarie (Kitahara Rie), Takemiyu (Takeuchi Miyu), Shimada Haruka, Hirari (Hirata Rina), dan Naachan (Okada Nana). Tapi mungkin lebih berat ke Yuihan sih. Selain karena dia sahabatnya Paruru, wah kalo nonton documentary of AKB48, sama tau sejarah hardworknya Yuihan dari jaman trainee sampe sekarang jadi kapten tim K ((and soon will replace the-soon-graduated-Takamina as a whole 48Groups Captain or Soukantoku or General Manager you name it)) gue jadi punya respect tersendiri sama cewek yang sebenernya seumuran sama gue ini.

Dari awal konser, gue fokus banget sama main stage dan ikut nyanyi. Seru banget soalnya banyak lagu mereka yang gue tahu jadi bisa ikut nyanyi. Tapi, surprise surprise, pas lagu AKB Festival, ternyata ada vehicle props yang suka dipake buat konser buat dinaikkin artisnya terus mobile gitu supaya mereka bisa menyapa semua penonton sekeliling venue secara merata. Gue syok dong tau-tau vehicle props itu udah hampir sampe di depan section gue dan isinya ada satu member JKT48 dan satu lagi Yuihan. Dalam keadaan panik, gue ngangkat iPad gue yang emang udah gue setting lock screen gue pake placard nama dia. Jaraknya emang lumayan deket, tapi jarak pandang Yuihan kan luas, jadi gue pikir chance gue dilihat dia Cuma 20%. Yang gue suka dari venue yang gak begitu luas macem ini adalah, sekali artisnya ngeliat kearah lo, apapun yang lo bawa, bakal keliatan jelas ama dia apalagi placard macem yang dibikin dari aplikasi glow draw. Nyala hehe. Tapi ya itu: lo harus nunggu atau berusaha supaya artisnya nengok kearah lo. Luckily, Yuihan nengok ke gue di detik-detik dia mau change vehicle di pertengahan stage.

Uh gak paham muka gue udah gimana sih habis teriak-teriak nama Yuihan sambil ngangkat iPad dan melindungi tas tidak semudah yang dibayangkan. Tapi Yuihan finally nengok itu udah worth it banget buat gue. Inget banget pokoknya pas lagu AKB Festival. Gue udah berenti nyanyi dari gue sadar itu vehicle props isinya Yuihan menuju section gue hahaha. Fokus biar di notice Yui senpai pokoknya. Gue pikir dia nengok dan ngebaca placard gue dan eyecontact atau senyum kearah gue udah worth it banget loh. Tapi Yuihan sampe berhenti nyanyi dan karena vehicle props nya jalannya agak lama, dia sempet banget loh mouthed “A. RI. GA. TOU”.
ASDFGHJKL
NGERTI GAK??? KOKORO GUE??? OMG??? GUE SEMPET MIKIR ANJIR ANJIR YUIHAN NGOMONG APA HM HM APA A RI ARI LASSO? YAKALI AH AH ARIGATOU! ARIGATOU??? THANK YOU??? TERIMAKASIH??? KAMSAHAMNIDA??? MERCI??? GILA GUE LEMES BANGET GUE KIRA CUMA BAKAL DISENYUMIN ATAU DIKASIH DADAH-DADAH KAWAII GITU TAPI YUIHAN BAHKAN GAK SENYUM PAS NGOMONG SAMBIL NGELIAT PLACARD GUE ITU. HUHUHU MUKANYA SERIUS PAS BILANG ARIGATOU. ASLI PENGEN CEPET PULANG MAU NANGIS DI KAMAR.

GUYS GUYS PAHAM GAK SIH. ALL MY LIFE, LIVING THIS FANGIRL LIFE, ATTENDING SO MANY CONCERTS, BROUGHT SO MANY PLACARDS, ALL I GOT FROM THE IDOLS WERE SIMPLE SMILES OR WAVE OR WINK AND I FELT HAPPY ALREADY BUT YUIHAN GAVE ME SOMETHING DIFFERENT. SHE SHOW ME HER GRATTITUDE, SHE SHOW ME HER POLITE’S SIDE. YUIHAN YOU MAKE ME CLOSE TO TEARS. SHE SAID THANK YOU TO ME, WHO IS NOBODY TO HER, WHO IS JUST ONE OF HER MILLION FANS, WHO MADE HER NAME ON A PLACARD BY CHANCE.

Iya gue selemes itu dapet ucapan makasih dari Yuihan. Men ini baru Yuihan gimana itu Paruru. Digendong security kali gue ke bagian medis. Gue sampe gak fokus buat ganti placard padahal itu Kitarie mau lewat. Masih stress gara-gara Yuihan ya Allah makasih rejeki anak soleh udah beli tiket paling murah masih aja dapet notice dari senpai :’) gak cuma Yuihan aja sih, Mocchi juga notice placard gue padahal tulisannya sederhana banget cuma tulisan ‘Mocchi’. Gak kaya Yuihan yang gue tulis pake katakana ((apa hiragana sih teuing namanya juga hasil nyontek di stage48 heugh)) ((disini gue berharap andai aplikasi glow draw bisa copy paste)). Mocchi pas lagi nyanyi sambil liat-liat section gue, ngeliat placard gue dan langsung mukanya kaget yang lucu gitu ngerti kan mukanya Mocchi yang suka lemot kaget sendiri terus mana lama lagi dia nunjuk gue sambil matanya membesar sambil ngangguk-ngangguk terus semua testoteron di sekeliling gue sampe nengok gue semua soalnya gue juga lebay sih teriaknya pas di notice Mocchi dan emang rada lama si Mocchi nunjuknya. Sumpah bahkan gue ngelirik cowok di sebelah kanan gue nahan ketawa gitu. Ah bodo amat untung gelap.

Pusing banget hari itu seneng banget soalnya mereka banyak bawain lagu-lagu hits jadi gue bisa sambil karokean. Lagu andalan masing-masing tim di AKB48 macam Only Today nya Team A, Reset nya Team K, Yobisute Fantasy nya Team B dan Hashire Penguin nya Team 4 juga dibawain. Belom lagi Mae Shika Mukanee, Namida Surprise dan Kokoro no Placard. Momen paling memorable adalah waktu Yuihan duet sama Melody lagu Temo demo no namida, sama Naomi bareng member AKB48 bawain lagu Blue Rose. Belom habis kejutannya, soalnya AKB48 juga bawain Aitakatta versi bahasa dan nyanyiin Sakura no hanabiratachi sebagai penutup dengan alunan piano melankolis dari Matsui Sakiko :’) Konser ditutup dengan rangkaian encore lagu ada 10 Nen Zakura, First Rabbit, Hikoukigumo, Koi suru fortune cookie, dan tentu saja Heavy Rotation ((center nya Yuihan lagi hehe))! Meski mostly lagu yang dibawain AKB48 centernya diisi Yuihan, tapi tiap kamera nyorot muka Naachan, sumpah venue chaos banget soalnya emang aslinya dia cakep banget mulus halus mukanya kek duit baru keluar dari bank.


Deket banget kan gimana pada mau gak ngeliat gue dan placard coba member AKB :'). Sejujurnya sampe tulisan ini di publish, gue belom bisa move on dari joint concert ini. ((fix ngidolain Yuihan juga))  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar