Minggu, 10 Juli 2016

Japan Diary part 3: Seharian keliling Harajuku, Shibuya, Shinjuku!

AKHIRNYAAA SETELAH STRUGGLING DENGAN KERJAAN SUPER NUMPUK BISA LANJUT NULIS BLOG LAGEEEE YA ALLAH ALHAMDULILLAAAAHHH (nangis depan laptop)

*WARNING: RADA FTV MAAFIN YA HIDUP GUE EMANG MISKIN ROMANCE SEKALINYA KENAL COWOK KAYA FTV*

Setelah menghabiskan seharian super seru di Tokyo Disneysea, besok harinya gue berencana untuk jalan-jalan ke Shibuya, Harajuku, dan Shinjuku sekaligus. Stasiun yang paling deket dengan penginapan gue di Ikebukuro adalah Harajuku, jadilah tempat nongkrong se-hits di Tokyo ini jadi pilihan utama.




Sebelum berfoya-foya dengan kehidupan duniawi yang gemerlap(?) gue diajak temen gue ke Meiji Jingu dan berujung gue duduk di bawah pohon. Temen gue ngilang jalan-jalan hunting foto. Ya Allah males banget jalan emang gue tuh gaes asli. Abis tracknya nanjak gitu (alasan). Meiji Shrine dingin abis. Sedikit banyak dipengaruhi faktor masih musim semi sih (selama gue di Jepang, suhu udara paling tinggi alias paling panas yang gue alami adalah 20 derajat celcius. SUHU BANDUNG KALO MALEM HARI TUH PALING PANAS DI SANA PAHAM GAK SEDINGIN APA) (DAN BODOHNYA GUE JALAN-JALAN PAKE DRESS SELUTUT SAMA OUTER BAHAN KATUN AJA SOK KUAT BANGET KAN)



Di Harajuku ada sebuah jalan yang super famous, namanya Takeshita Street. Yang pernah ke Jepang atau doyan Jepang pasti gak asing sama jalan yang gak pernah gak sepi ini. Bayangin gue ke sini sekitar jam 11 siang dan hari kerja dan manusianya sebanyak ini. Kebayang gak kalo hari libur kaya apa ih kaya commuterline jam kantor. Berangkat jadi sarden pulang jadi pepes.



Dan gue adalah penggemar fast food. Lihat palang Yoshinoya segede billboard partai di pantura nangkring depan Takeshita Street, gue gak mikir dua kali. Di Jakarta sendiri, Yoshinoya adalah salah satu restoran fast food terenak menurut gue. Beef bowl originalnya enak, tapi gue paling suka sama karaagenya. Makannya pas masuk Yoshinoya cabang pusat (JEPANG) (Padahal siapa tau pusatnya di Maldive, Meg) gue rada bingung gak bisa menemukan karaage.

Well, waktu terus berganti, perut harus tetap diisi. Gue menjatuhkan pilihan ke paket ini. Nasi, grilled salmon with beef and miso soup! Harganya kalau dirupiahin sekitar 50ribuan. Murah banget mengingat salmon, beef, dan minun gratis yang udah gratis bisa refill pula. Can we get a masha Allah? :’)


Udah kenyang, kita mulai jalan-jalan di Takeshita Street. Di luar ekspektasi gue akan jalanan yang penuh manusia (gue gak suka banget jalan di luar, keringetan, kena keringet orang, nyium orang bau badan), jalan di Takeshita Street surprisingly enjoyable buat gue. Penuh orang tapi jalannya pada anteng, gak sradak sruduk, gak ada yang berhenti di tengah jalan karena tertarik sama barang di toko kanan kiri, kalau tertarik mereka langsung masuk, bukan ngalangin orang lain yang mau jalan.


Gue sendiri niatnya mau nyari loafer, sepatu macam sepatu yang dipake anak-anak di Jepang buat sekolah itu lho gaes. Seneng aja. Habis gue emang semacam punya fetish ke seragam sekolah Jepang dan segala macam atributnya gitu. Tapi sedih gak nemu sepatu dengan size yang pas karena kaki gue sizenya hampir menyamai size sepatunya Cinta Laura (silahkan googling).

Di Harajuku ada Johnnys Entertainment shop. Itu adalah semacam tempat judi. GAK DENG TAPI YA BEDA TIPIS AMA JUDI INI TOKO ISINYA MAKSIAT. Gue gak sempet masuk sih, karena antrianya super panjang dan ajaib kaya jalur puncak kalau weekend dan libur panjang: buka-tutup. Untung gue anaknya tipe yang kalo ngefans cuma sebatas suka ngoleksi albumnya, makannya gue merasa masuk ke Johnnys shop bukan prioritas gue mengunjungi Harajuku. Gak boleh foto-foto pula.

Keputusan itu gue syukuri karena beberapa hari kemudian, teman gue berhasil masuk ke dalam dan surprise surprise isinya hanyalah sekumpulan photopack official para talent Johnnys Ent. Well, Johnnys memang punya kebijakan gak ngebolehin foto artisnya beredar luas (no fansite, even on official account like their artist’s drama/movie project. Perform artisnya di tv dan music video pun gak beredar di youtube karena seketat itu asli. Itu semua adalah agar foto video album dvd sampe segalanya bisa dijual mereka sendiri. TEPUK TANGAN BUAT TIM MARKETINGNYA) (dalam hati: EMANG ANJING AGENSI PELIT MAU UNTUNG SENDIRI)

Di Shibuya gue sempet mampir ke Tower Records, toko kaset super megah. Dengan tujuan beli album terbarunya Hey Say Jump. 9 pria tanggung yang sudah mengguncang duniaku. Etapi abis tuh HAHAHA KESEL. ALBUM DAN DVD KONSER TERBARU MEREKA KOSONG. BODO AMAT.



Karena gue anaknya suka K-Pop juga, jadi gue langsung berbelok ke K-Pop section saat gak berhasil menemukan album ‘Jumping Car’ nya HSJ. Dan gemeeesss disambut sama meja meriah buat Seventeen, 13 bocah kesayangan dari Korea yang kebetulan baru ngeluarin album ‘Love & Letter’. Seneng aja liat apresiasi Jepang yang total banget meski gue gak ngerti ini dibacanya gimana dan artinya apa. Wakakakak.


Seperti turis mainstream lainnya, gue juga nyobain nyebrang di zebra cross Shibuya. I MEAN THE MAJESTYC SHIBUYA CROSSING. Iya maaf norak banget tapi asli seru abis nyeberang di sini karena jalanannya super gede dan sekali nyebrang banyakan gitu njing mau nyebrang sama tawuran beda tipis. Untung gue masih bisa mengontrol diri untuk gak teriak “WOY MAJU LUU ANAK STM MANA LU HAH???” sambil muterin gesper di udara dengan binal. Alhamdulillah.


Menjelang malam, kita bergegas menyelesaikan agenda jalan-jalan hari itu dengan mengunjungi tujuan akhir: Shinjuku!

*insert any FTV opening theme song here*

Sebenernya tujuan gue dan temen ke Shinjuku agak ngablu alias bingung mau ngapain, tapi akhirnya memutuskan untuk beli Pablo, the beyond famous cheesecake itu. (padahal di deket Johnny’s shop tadi juga ada). Waktu sudah menunjukkan pukul hampir 9 malam dan Pablo tutup jam 10. Berbekal dengan alamat Pablo cabang Shinjuku di hape, kita mulai berkeliling tapi karena bego kita gak bisa beranjak dari depan stasiun Shinjuku LOL SEBEL.

Yang gue rada bingung, gue sering baca blog orang yang jalan-jalan ke Jepang termasuk youtuber Last Day Production, mereka semua tau Pablo Cheesecake, tapi kenapa semua orang yang kita tanya di stasiun Shinjuku gak tau ya? Apa jangan-jangan Pablo cabang Shinjuku ini semacam toko ghaib yang hanya bisa dilihat turis mancanegara? Asli hampir putus asa karena mereka bener-bener have no idea di mana letak si Pablo. Temen gue sendiri udah capek mau nanya orang lagi.

Pas kita udah mau nyerah dan pulang ke Ikebukuro, gue melihat sesosok cowok ganteng lagi duduk ganteng depan stasiun ganteng. Pake celana ngatung dengan kaos dan luaran warna biru dengan tas tenteng nempel di bahu. Lagi duduk santai sambil megang hape. Kurang lebih stylenya kaya Yamada di iklan ini.



YHA MAAFIN EMANG DASAR GUE GAK BISA LEWAT COWOK GANTENG DIKIT. Yaudah gue samperin lalu gue sapa pake bahasa Inggris.

“Hello, can you speak English?”

“Huh? Ah, yes, a little”

“Ah, I’m looking for Pablo Cheesecake, do you know where is it?”

“Pab..?”

“Pablo, Pablo Cheesecake. It’s a store, uhm wait-“ gue ngasih unjuk foto Pablo cabang Shinjuku ke mas ganteng

“Wah, gue kurang tau.. EH ITU ADA ALAMATNYA” dia nunjuk kalimat di bawah foto yang gue tunjukkin. “Coba deh lo buka maps”

“Eh, udah nyoba sih tapi-...” well, sejujurnya gue gak ngerti kenapa Google Maps suka ngaco di Tokyo makannya kaya udah males gitu lho nyari alamat pake Google Maps pas di Jepang. Tapi gue tetap mencoba klik alamatnya, kali aja jadi bener di depan mas ganteng. Tapi bodohnya wifi gue lagi mati wakakak.

Mas-nya langsung paham pas gue gak bisa buka browser jadi, apa yang dia lakukan selanjutnya? 

BETUL SEKALI MEMBUKA MAPS DI HANDPHONENYA SENDIRI PEMIRSA TERERETTT TEOTT TEOTT TERERETTT TEOTT TEOTTT~

Gue, takjub, kaget, terkesan sama bantuannya langsung kaya, “hah eh wah makasih, makasih lho”

“Iya, iya santai” setelah kebuka, dia nunjukkin kalo gue harus jalan lurus dari tempat gue berdiri, sekitar tujuh menit, terus belok kanan, terus belok kiri lagi.

“Oh, oke, oke, jadi gue harus jalan sampai kapan baru bisa belok kanan?” tanya gue. And I tell you guys, saat orang Jepang bilang dia bisa bahasa Inggris dikit, THEY MEANT IT. Seperti kasus gue ini.

“7 minutes!” jawab dia pede

“Ah, maksud gue, dari sini jalan sampe mana?” gue ngebenerin kalimat tanya gue. YA KALI DAH GUE JALAN SAMBIL NGITUNGIN UDAH TUJUH MENIT APA BELOM TERUS BARU BELOK KANAN MAS.

“ya ituuuu 7 menit!” jawab dia lagi

YA ILLAHI GANTENG SIH TAPI GAK KUAT DENGAN DINDING LANGUAGE BARRIER INI.

“uh maksud gue, sampe kapan, sampe mana, sampe gedung atau toko apa baru gue belok kanan???” plis yang bisa baca maps kan elu baaang bukan gueee kasih petunjuk dong jangan bikin gue emosi kaya anak SD yang main eat bulaga.

Dia nya juga bingung ngejelasin kayanya. Gue nyengir. Mas-mas ganteng nyengir. Kita berdua sama sekali gak ngerti ujung pembicaraan ini akan ke pelaminan atau enggak (YHA). Temen gue malah asik nontonin orang lagi main drum di pinggir jalan. Wakakak.

Diskusi gue dan mas-mas ganteng ini lumayan lama, dan karena gue yang minta tolong, gue gak enak kalo gue sembarangan mengakhiri pembicaraan kaya “Okay, bye thank you for trying to help”. Karena selama di Shinjuku, mas-mas ini lah yang paling welcome dan niat saat ditanya alamat ngablu Pablo cheesecake ini. Dalam hati gue udah kaya, “mas udah nyerah aja asli gapapa kalo lo gak tau gue jadi gak enak”

Tapi dasar emang mas-masnya orang baik asli anaknya siape sih gue sampe penasaran. Putus asa gue gak ngerti-ngerti sama arah yang dia jelasin, akhirnya dia “Yaudah yuk, gue antar kalian aja.”
Gue langsung melotot kaget. Gak. Dia. Gak. Baru. Aja. Nawarin. Nganter. Kan? Hah. Serius. Anjir. Deg-degan.

“Eeee, ung, iya boleh! Huhu makasih banget lho”

“Haha, gak pa-pa kok”

“eh seriusan? Emang lo gak sibuk?” (is it really okay? You’re not busy?)

SERANGAN LANGUAGE BARRIER KEMBALI MENGHADANG

“huh? Yes, yes, it’s easyyyy”

“uh.. I mean... busy.. bappaseo... sibuk.. ugh” setelah nyerocos Inggris, Indonesia, Korea, gue mencoba nanya -dia emang gak lagi sibuk- dengan body language. Tapi masih aja di jawab.

“IT’S EASY”

EASY EASY DARI HONGKONG.

Malam itu gue dan temen gue diajak berpetualang sama mas ganteng mencari letak Pablo Cheesecake cabang Shinjuku. Seru banget kaya syuting uang kaget lari ke sana ke mari malah dia yang excited. Dan berkali-kali minta maaf karena bawa kita muter-muter Shinjuku. Waktu nemuin peta di belakang stasiun, dia yang heboh sampe teriak “WAAAA!” si tai gue kan latah ya gue langsung nyeplos “EEE MONYONG EEEE”

Lagian yang bisa baca peta kan dia doang. Kita berdua mana ngerti tulisan di peta itu. Setelah nemu peta, dia lari-lari kecil lagi sambil ngarahin kita berdua. Terus sempet ngobrol juga dia nanya kita dari mana, pas dijawab Indonesia, dia bilang dia cuma tau Indonesia dari search engine. Pernah dapet tugas kuliah katanya LOL PENTING BANGET INFORMASINYA.

Mas ganteng itu juga bilang dia tinggal di Asakusa, deket sama Tokyo Tower. Misteri Illahi kenapa selarut itu dia masih di Shinjuku.

Jam 10 kurang, akhirnya kita berhasil nemuin store Pablo yang lebih mirip kaya lapak jualan majalah di salah satu sudut stasiun Shinjuku. Mas-mas itu bahagia banget sampe bersorak “UWAAAAHH!!!” dan gue juga teriak “UWAAAAAHHH :(“ dengan alasan yang berbeda. Tangan gue nunjuk ke tulisan di etalase Pablo.

Mas-mas ganteng ngikutin arah tangan gue itu dan teriakannya berubah sedih kaya gue karena tulisannya adalah ‘SOLD OUT’ sodara-sodara sebangsa setanah air sekalian.

“AAAHHH GOMEEEEEENNN” mas-mas ganteng mukanya gak enak banget liat gue manyun. Gue sampe lupa sama dia karena liat tulisan sold out itu. Sadar karena dia minta maaf berkali-kali gue jadi ngerasa gak enak karena harusnya gue yang minta maaf udah nyusahin dia sampe malem.

“Iya, gak papa kok hehe ntar cari lagi deh”

“Yah terus gimana? Kalian besok pulang ke Indonesia? Yah gak dapet Pablo-nya dong?”

Ebuset yakali gue ke Jepang cuma mau beli Pablo???

“enggak, enggak, besok kita bakal nyari lagi kok sampe dapet”

“oh, besok belum pulang?”

“belum, besok rencananya kita mau nonton konser Kat-Tun”

“Kat-Tun?” DUH DEMI APA ORANG JEPANG GAK TAU ARTIS GEDE DARI JOHNNYS ENTERTAINMENT MACEM KAT-TUN

“Iya, Kat-Tun... hmm itu lho, Kamenashi Kazuya, tau gak?” gue nyebutin salah satu member Kat-Tun yang paling terkenal.

“Oh tau! Tau! Iya, mereka konser terakhir ya, sebelum hiatus kan” anjay update juga mas-masnya

“iya, makannya mau nonton banget, ke Tokyo Dome”

“oh gitu...” terus hening. Kaya sama-sama bingung mau ngobrolin apa tapi sebenernya udah kehabisan bahan obrolan juga tapi sebenernya belum mau pisah juga (kalo ini kayanya cuma perasaan sepihak gue sih)

“Oh, yaudah hmmm gue cabut dulu ya”

“Ah, oke oke, makasih banyak yaa!!!”

“Iya sama-sama mmm” dia kaya salting mau pamitan mau salaman gitu kan terus gue-nya lemot tapi

“oh, iya!” gue ngasih tangan kanan dia tangan kiri terus kita ketawa.

“ups, sorry sorry” dia ganti tangannya pake tangan kanan terus kita salaman. Setelah dia salaman juga sama temen gue, dia dadah sama kita berdua dan langsung ngibrit.

Temen gue, Kak Indah tiba-tiba nanya, “Kamu gak nanya namanya Meg?”

“hah? Enggak kak, eh buat apa ya, eh pengen tau sih tapi takut dia gak mau ngasih tau”

“atau minta foto bareng gitu?”

“ah, mau eh tapi emang boleh? Eh aku takut dia nya gak mau kak... eh tapi... eh aku kejar deh...”

Tapi telat guys. Mas-mas gantengnya udah hilang. Duh baik hati dan ganteng meski agak bau sake.
Terus yang paling bikin sebel adalah kata-kata Kak Indah: “kamu tau gak sih, pas kita baru nyampe Pablo, yang dia teriak kamu teriak, dia udah ngangkat dua tangannya ke kamu, mau ngajak tos tapi kamu malah konsen sama tulisan ‘sold out’ wakakak”

“YA KAK IN KENAPA GAK BILANG”




Btw mas-mas ganteng itu, mirip Shigeaki Kato.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar